Sumber : BBC Siaran Indonesia, Diperbaharui pada: 02 Oktober, 2008 – Published 11:35 GMT

Uang kertas 1 Juta Poundsterling
Penjualan dilakukan lewat lelang di London

Surat oblitasi bernilai 1 juta poundsterling berhasil dilelang dengan harga £78.300, dua kali harga perkiraan semula.

Lelang dilakukan di kota London.

Surat obligasi, dengan nomor 000008, diterbitkan setelah Perang Dunia Ke II sejalan dengan paket bantuan yang dikenal dengan nama Marshall Plan.

Marshall plan adalah program pendanaan Amerika Serikat untuk membantu Eropa Barat bangkit setelah konflik tahun 1939-1945 itu.

Tahun 1977 satu surat obligasi lain, dengan nomor 000007, terjual dengan harga delapan ribu poundsterling melalui penjualan dibalik layar.

Kepemilikan individu

Penjualan obligasi itu masuk ke dalam Guinness Book of Records sebagai angka obligasi tertinggi yang dimiliki secara individu.

Surat obligasi nomor delapan bertanggal 30 Agustus 1948.

Dalam surat itu tertera tanda tangan E. E. Bridges, menteri keuangan, di ujung kanan bagian bawah dan surat ini dibatalkan lewat cap Bank of England dengan tanggal 6 Oktober 1948.

Sebelum lelang, juru bicara rumah lelang Spink mengatakan bahwa surat obligasi bernomor delapan yang dijual oleh kolektor surat berharga Inggris, Bill Parkinson, diperkirakan laku dengan harga antara 35 dan 40 ribu Poundsterling

Diyakini bahwa surat obligasi bernomor tujuh dan delapan adalah yang masih tersisa dari sembilan surat obligasi yang diterbitkan saat itu.

Kesembilan obligasi itu merupakan hadiah untuk menteri keuangan Inggris dan Amerika.

Iklan