Book review: ‘Brady Udall The Lonely poligami’, Norton. 602 hlm. $ 26,95 Sumber : Book & Culture,

Oleh Brady Udall

Dalam novel baru Brady Udall’s, berani, sering lucu, patriark hanya poligami miskin, orang bodoh dikuasai istri. Golden Richards memiliki empat istri dan 28 anak-anak. Satu-satunya cara dia dapat (kadang-kadang) ingat nama semua anak-anak adalah dengan menyanyikan sebuah daftar di bawah napasnya untuk lagu “The Old Gray Mare.” istri-Nya adalah mudah untuk tetap lurus. Kaku, represif Beverly, Ibu No 1, aturan lebih dari 10 anak-anak di Gedung Lama, peletakan hukum tentang “Prinsip hidup” dengan kepastian bahwa Golden menemukan baik mengintimidasi dan iri. Dia berjalan ke merek fundamentalis dilarang dari Mormonisme di 19, ketika ayahnya lama absen Golden dipanggil ke Utah untuk berbagi kekayaan dari pemogokan uranium dan ketenangan iman barunya. Beverly adalah menjadi istri pertama jamak ayah, sampai ia menderita kanker didiagnosis dan diwariskan ke anaknya. Selamanya membutuhkan “seseorang untuk menjelaskan kepadanya apa yang harus dilakukan,” memenuhi Golden, dan Beverly telah berjalan sejak hidupnya.

Tapi meskipun ia memilih mereka, para istri lain gagal untuk meniru gaya hidup orang benar Beverly. Ibu No 2 dan No 3 berbagi Rumah Besar dengan 17 anak-anak di luar kendali. Nola Down-to-bumi ini tenang oleh kekacauan itu, menyusut dia, penurut “saudari-istri” (dan adik aktual) Rose mengungsi di novel roman dan sesekali nervous breakdown. Jauh lebih muda Ibu No 4, Trish, memiliki rumah sendiri dan seorang anak tunggal, tapi dia kesepian dan putus asa untuk seks. Golden terus hilang malam ditunjuk dengan dia – dijadwalkan oleh istri, tentu saja – dan ketika dia mendapatkan dirinya sendiri, biasanya dia tertidur.

tumpul Udall’s, cat potret berempati dengan poligami sebagai terkepung dan bingung Everyman. Emas tidak dapat menjaga tiga rumah tangga dari berperang dengan satu sama lain, apalagi membuat penghuninya bahagia. Dia ditekan oleh mentornya di gereja untuk mengambil istri kelima dia tidak mau dan tidak mampu. bisnis konstruksi Nya goyah dalam lesu ekonomi akhir 1970-an, dan rasul sesama hanya akan berpikir buruk tentang dirinya jika mereka belajar sifat sebenarnya dari pekerjaannya yang sekarang: membangun tambahan 200 mil jauhnya bordil di Nevada.
ad_icon

Di sana, Golden jatuh cinta dengan Huila, istri bullying pussycat’s Manor, pemilik pemarah. Dalam kehidupan yang diatur oleh tanggung jawab yang luar biasa bahwa Golden disepakati bukan dicari, “adalah Huila berbeda hanya karena dia – dia – telah memilih dia.” The mempercepat narasi santai, dan nada gelap, setelah pemilik bordil menemukan perselingkuhan istrinya dan mengirimkan goons ke Utah untuk mengancam Golden keluarga.

Menceritakan sebuah kisah yang selalu unsettles harapan kami, whipsaws Udall antara suasana hati dan roves antara sudut pandang. Sebuah kilas balik ke hari pernikahan Golden dan Beverly telah mereka piknik di setelah tes bom atom-yang telah berlangsung jatuhan radioaktif konsekuensi bagi keluarga Richards. Memori dari seorang putri tercinta lumpuh oleh menghantui cerebral palsy Golden, tapi bab-bab menyampaikan sudut pandangnya umumnya komik, menekankan kesalahan manusia dari seseorang yang seharusnya menjadi pemimpin ilahi ditahbiskan. Sementara itu, pengamatan Trish menggambarkan perebutan kekuasaan di antara istri-istri yang akan familiar untuk pemirsa menunjukkan HBO “Big Love.”

Novel yang paling sedih bagian pusat pada bingung, Rusty rentan, “The Terrorist Keluarga” dan satu-satunya keturunan Golden diberi suara individu. Seperti yang ditunjukkan pada novel pertamanya, “Keajaiban Kehidupan Edgar Mint,” unggul Udall di masuk ke dalam kepala seorang anak tidak bahagia. Rusty dampak menyakitkan memilukan monolog interior sorotan poligami di anak-anak.

Beberapa kritikus menggambarkan Udall sebagai pengganti kontemporer ke humoris hitam tahun 1960-an, dan itu bisa dilihat sebagai lelucon sakit memiliki keinginan Rusty untuk perhatian pribadi dipenuhi dengan memelihara cedera mengerikan. Namun adegan penutup beresonansi dengan kelembutan yang luar biasa, bahkan sebagai penulis terus mengambil risiko besar. Dia mengundang kita untuk bersuka ria sebagai Golden menegaskan otoritas patriarkal, dan Trish menegaskan kembali komitmen untuk “kehidupan penuh ia memilih.. Menurut definisi sangat nya,. Dibagi dan berbagi dan berbagi lagi.” Untuk akhir yang bahagia, Udall memberi kita – apa lagi? – Upacara pernikahan poligami. Ini berani dan menakutkan, dan ia akan bekerja untuk pembaca bersedia mempertimbangkan kemungkinan bahwa tokoh-tokohnya yang menegaskan suatu kredo banding universal: “bahwa cinta ada komoditas yang terbatas.”

Smith adalah seorang kontributor sering ke Buku Dunia

Iklan